PEMBAGIAN BERAS DINAS KETAHANAN PANGAN

  • Apr 05, 2024
  • Jegulo

jegulo-soko.desa.id - Hari Kamis kemarin (4 April 2024) Sebanyak 823 paket sembako berupa beras 10 kg setiap paketnya telah dibagikan. Paket sembako tersebut adalah bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Tuban, sebagai penanggulangan dampak el no atau kemarau yang berkepanjangan. Ini adalah pembagian tahap ke-3, dari rencana semula hingga tahap 6.

Sejatinya pembagian sudah dimandatkan kepada pihak ke-3, dalam hal ini adalah Tim YASA. Agar berjalan tertib dan lancar, perangkat desa pun ikut membantu pembagian. Mengingat Tim YASA pun hanya berjumlah 3 personel.  Pembagian molor setengah jam lebih, dari jadwal semula (08.30) karena menunggu kedatangan Tim YASA.

Banyak kendala sebenarnya dalam pelaksanaannya. Selain aplikasi yang kurang mumpuni, dari data penerima sendiri banyak KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tidak tepat sasaran. Ketidaksesuain tersebut adalah mencakup faktor KPM tergolong yang mampu, meninggal, dan pindah domisili. 

Untungnya pihak Dinas Ketahanan Pangan masih mengijikan pihak desa melakukan penyesuaian data penerima. Sehingga dengan semaksimal mungkin dipilah mana yang tidak tepat sasaran, untuk diganti KPM yang lebih berhak.