14 Agustus 2020 11:16:06
Ditulis oleh admin

SOSIALISASI PROGRAM JATIM PUSPA DESA JEGULO

Pemerintah Desa Jegulo bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPMD) Hari Kamis (13 Agustus 2020) melaksanakan sosialisasi Program Jatim Puspa 2020.

Bertempat di Balai Desa Jegulo, acara sosialisasi dihadiri oleh segenap unsur elemen masyarakat, mulai dari pemerintahan desa yakni BPD, LPMD, RT, RW, dan PKK, juga tokoh masyarakat.

Dari Dinas DPMD diwakili oleh  Setiawan, yang mana menyampaikan bahwa program Jatim Puspa merupakan program yang dikhususkan kepada perempuan pengusaha kecil dengan tingkat ekonomi rendah, yakni dari anggota PKH atau yang masuk dalam daftar Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Desa Jegulo mendapat jatah 68 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan daftar calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah ditentukan.

"Masing-masing KPM akan mendapatkan bantuan senilai Rp. 2.500.000,  dengan rincian alokasi 70%  modal usaha, 20% penunjang usaha lain, dan sisanya yakni 10% untuk perbaikan gizi KPM," terang Setiawan.

Setiawan melanjutkan bahwa program ini sejatinya adalah program lama, yang dulu bernama JALIN MATRA, hanya bedanya kali ini data calon KPM disertai juga cadangan, sebagai antisipasi jika calon KPM ada yang tidak memenuhi syarat, misalnya pindah, meninggal, atau mampu.

Selaku pemateri, hadir pendamping Program dari kabupaten, Abdus Somad, yang menyampaikan panduan umum pelaksanaan program. Yakni pembentukan Tim Koordinator dan pendamping  program tingkat desa. Tim Koordinator Desa terdiri dari penanggung jawab, ketua, sekertaris, bendahara, dan anggota. Sedangkan untuk pendamping yang dibutuhkan sebanyak 4 orang.   

Tim koordinator Desa beberapa posisi sudah ditetatapkan, di antaranya penanggungjawab adalah Kepala Desa, ketua oleh Kasi Kesra, dan posisi sekertaris dan bendahara langsung dimandatkan kepada sekertaris dan bendahara desa. Sedangkan dua anggota dari unsur PKK.

Untuk posisi 4 pendamping juga diambilkan dari unsur PKK, mengingat sasaran program adalah dari perempuan.

Kepada Desa Jegulo Moh. Ali Shulthoni dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini diharapkan berjalan lancar dan sukses, serta menjadi cikal bakal terwujudnya pasar pasar desa, yang mana sudah lama menjadi keinginan masyarakat, selain memang sudah menjadi program dan misi kepala desa.[]   

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus