31 Desember 2019 13:57:15
Ditulis oleh admin

Desa Jegulo Ikuti Pelatihan Web Desa

Dalam rangka memaksimalkan keberadaan web desa, Pemeritahan Desa Jegulo menugaskan operator web desa untuk mengikuti pelatihan web desa yang diadakan kemarin (Kamis, 30 Desember 2019) di Pendopo Kecamatan Soko.

Pelatihan diselenggarakan oleh Diskominfo Tuban, mendatangkan dua narasumber, yakni Widyi Utomo dari Diskominfo sendiri selaku tenaga ahli untuk web desa, dan Moh. Nahrus dari Radio Pradya Suara dan Tubakab.go.id untuk bagian kepenulisan.

Widyi Utomo menyampaikan materi bagaimana menggunakan fitur menu yang ada di web desa, mulai dari mengatur tampilan depan web supaya kelihatan menarik, menulis berita dan mengupload poto, serta menyingkronkan data siak ke web desa.

Sebelum disingkronkan, data siak dianjurkan untuk dirapikan terlebih dahulu, khususnya untuk alamat. Agar ada pengelompokan dusun yang baku dari setiap data warga yang ada, selain juga memudahkan terlebih untuk urusan surat-menyurat. 

Smentara Moh. Nahrus menyampaikan kaidah kepenulisan berita yang sudah jamak berlaku, yakni harus mengandung 5W+1H (what, who, when, where, why, how), atau setidaknya sekurang-kurang mengandung 3 dari unsur tersebut.  Juga trik dan cara mengembangkan kalimat dalam menulis. Bahwa kunci sebuah tulisan menarik atau tidak adalah terletak pada paragraf pertama. Jika paragraf pertama sukses, maka paragraf selanjnya akan menjadi mudah.

Selain itu disampaikan juga cara mensiasati keterbatasan waktu untuk operator desa, mengingat atas segala kesibukannya. Yakni dengan membentuk semacam tim redaksi atau bisa dibilang pihak ketiga dalam mengelola web desa. Misalnya, dengan menggerakkan karang taruna agar ikut mengelola, menjadi reporter atau kontributor, hingga ke tinggkat penulisan (berita). Dan tetap operator web-lah yang  berkewajiban mengupload semua konten, selaku penanggung jawab.

Pelatihan dibuka oleh Sekcam Soko Amik Fadhri. Sekcam bepesan agar setelah rampung pelatihan, semua peserta wajib menerapkannya ke desa masing-masing, demi menunjang setatus Tuban sebagai Smart City. 

Masykuri, selaku Kasi Pemeritahan Kecamatan  Soko dan pembina program web desa juga menyempatkan memberi arahan kepada peserta pelatihan. Bahwa intinya tidak ada alasan lagi bagi operator untuk tidak meng-update berita di web desa, mengingat saat ini desa tak pernah sepi dari kegiatan. Mulai dari program pembagunan  hingga kegiatan kebudayaan dan kemasyarakatan lainnya. []

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus